Thursday, August 10, 2017

TAHU GAK SIH APA ARTI DARI LAMBANG OSIS DAN SIAPA YANG BIKIN LAMBANG TERSEBUT? INI DIA FAKTANYA....

I-NFORMASITERKINI - Beliau adalah seni rupa dari Institut Teknologi Bandung. Kiprah beliau di dunia pendidikan dan pemuda Indonesia nggak perlu dipertanyakan lagi.


I-nformasiterkini - pembuat lambang osis
I-nformasiterkini - Pembuat Lambang OSIS

Meskipun lulusan seni rupa, H Idik Sulaeman aktif terjun di dunia pendidikan dan pemuda. Pada tanggal 1 Desember 1967 beliau diangkat menjadi Kepala Dinas Pengembangan dan Latihan. Dari jabatannya inilah ia mengembangkan PASKIBRAKA (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka). H Idik Sulaeman nggak cuma berkecimpung di dunia PASKIBRAKA  saja.

Pada tanggal 24  November 1979 beliau menjadi Direktur Pembinaan Kesiswaan di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Disini beliau mulai mengembangkan seragam untuk sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas. Kemudian lahirlah lambang OSIS yang sampai saat ini menempel di seragam Sekolah kamu.

Lambang OSIS dan PASKIBRAKA sendiri memilik makna. Bunga nintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga menunjukkan 5 jalan agar siswa menjadi warga negara yang baik dengan cara abdi, adab, ajar, aktif, dan amal. Buku terbuka berarti belajar keras. Kunci pas adalah untuk pemecahan semua masalah.

Tangan terbuka menunjukkan kesediaan menolong. Biduk menunjukkan siswa mengarungi kehidupan menuju yang lebih baik untuk masa depan. Pelangi merah putih melambangkan tujuan nasional berdasarkan pancasila. 17 butir padi, 8 lipatan pita, 4 kapas, 5 daun kapas melambangkan kemerdekaan Indonesia yang harus diisi partisipasi Siswa. Warna kuning dan coklat berarti keagungan dan kedewasaan, serta merah putih adalah warna kebangsaan bangsa Indonesia.

Jadi, sudah tahukah kalian sekarang guys?

Jangan lupa FOLLOW kita ya, untuk update berita dan info terbaru ya.

No comments:

Post a Comment