Friday, September 29, 2017

WOW!! LAGI DAN LAGI MALAYSIA MENGATAKAN BAHWA TARIAN KUDA LUMPING ADALAH KEBUDAYAAN MEREKA

INFORMASITERKINI - Lagi dan lagi Tarian Kuda Lumping Diciplak Malaysia, Netizen Berang! Malaysia dan Indonesia sebagai tetangga satu rumpun mempunyai banyak persamaan dalam hal budaya. Sayangnya, banyak budaya Indonesia yang di klaim menjadi milik Malaysia. Mulai dari Reog Ponorogo, Cendol, dan bahkan artis seperti Agnez Mo dan Raisa.


Informasiterkini - Tarian Budaya Indonesia Kuda Lumpang juga ada di Malaysia yaitu Kuda Warisan
Informasiterkini - Tarian Kuda Lumping dicplak Malaysia


Yang terbaru, Kebudayaan Kuda Kepang ternyata menjadi tema dalam kostum nasional Miss Grand Malaysia. Kostum berjudul "Kuda  Warisan" ini menuai kontroversi karena kemiripannya dengan budaya jawa ini.

Alhasil, warga net kembali menuding negara tetangga itu sebagai negara yang suka mengklaim kebudayaan milik Indonesia. Untuk meredam kemarahan netizen Indonesia, akun MissGrandMalaysia buru-buru menulis klarifikasinya.

Dikatakan, Kostum Nasional Kuda Warisan merupakan kebudayaan Malaysia yang terinspirasi dari warga Indonesia yang tinggal di Malaysia. Kebanyakan dari mereka berasal dari pulau Jawa dan menetap di Jobor Malaysia.

"Pada awal abad ke 20, migrasi masyarakat Jawa melalui kapal dagang Belanda dan Jepang untuk mencari lahan baru membawa serta budayanya termasuk pertunjukkan tari unik ini yang dilakukan pada kesempatan yang menyenangkan." Tulis akun MissGrandMalaysia.

Kemudian dikatakan, pada tahun 1971, pariwisata kementerian Johor mengakui tarian Kuda Warisan itu, untuk masyarakat Jawa yang berada di Johor sebagai tanda simbolis kesatuan dan keragaman budaya bagi masyarakat Johor.

"Dengan kemiripan sejarah yang kuat, asal mula warisan budaya Jawa tersebar di negara bagian utara Johor, Perak dan Selangor di Malaysia, dan Singapura." imbuhnya.

Meskipun demikian, akun tersebut tetap diserang netizen dengan berbagai komentar negatif.

Bagaimana menurut kalian guys? jangan emosi dulu, tahan dulu emosinya. Ayok FOLLOW kita dan dapatkan berita dan info terbaru dari kita.

No comments:

Post a Comment